Rabu, 02 Januari 2013

BELAJAR ROBOT, ANAK DAPAT MENCIPTAKAN KARAKTER


  
  School of Robotic yang merupakan sebuah klub atau kelompok belajar membuat robot. Sekolah robot ini didirikan oleh Bapak Edwin Gandaputra, SE., MA. School of Robotic ini terletak di Jalan Kopo No. 216 Bandung yang pada awalnya didirikan karena passion dan niatnya yang besar membangun karakter anak melalui belajar membuat robot. Passion itu diawali dari kebiasaan mengajari anaknya sendiri untuk belajar membuat robot “dari pada maen game atau nonoton TV saja, lebih baik belajar sambil bermain” sahutnya. Ternyata niat timbul untuk mengajak anak-anak yang lainnya untuk belajar membuat robot karena di daerah Bnadung belum ada kelas atau klub tentang robot ditambah juga karena dia tahu bahwa dalam kegiatan ini sangat berpengaruh positif untuk membangun  karakter anak-anak. Konsep dalam Club of Robotic ini adalah belajar sambil bermain, anak diajak untuk belajar tentang dasar-dasar, bagian-bagian yang membentuk sebuah robot Lego.
School of robotic ini diikuti oleh anak-anak mulai dari umur enam tahun atau mulai dari kelas satu sekolah dasar. Dan kelas robot ini dibagi dalam kelas berikut: kelas beginer terdiri dari tiga dimensi yaitu dimensi 1, 2 dan 3 atau terdiri dari 11 project, kemudian lanjut ke kelas Intermedit terdiri dari Basic Mekanik dan basic Robotic dan yang terakhir ada kelas Advance, dalam kelas Advance ini merupakan kompetisi atau perlombaan membuat robot yang diadakan setiap 1 kali 3 bulan dan muridnya diwajibkan mengikuti kompetisi ini.

 Dan yang paling penting atau yang paling utama dari kelas Robotic ini adalah belajar untuk membangun karakter anak. Belajar sambil bermain dan memabangun karakter anak seperti kemandirian, tangggung jawab, kreatif, berani, berani, cerdas. Lalu anak juga diajarkan belajar bahasa inggris, bagian-bagian robot terdiri dari bahasa inggris. Otomatis anak sambil bermain, sambil belajar dan sambil belajar bahasa inggris dan anak-anak harus mengingat nama-nama bagian-bagian yang terdiri dari bahasa inggris tersebut. Dan kadang juga pengajar dari kelas robotic ini menggunakan bahasa inggris sederhana jadi otomatis memacu anak untuk sambil belajar bahasa inggris.
  Anak-anak terlihat begitu senang dan semangatnya membentuk robot Lego, mencari bagian-bagian yang diperlukan untuk membentuk robotnya sambil dipandu oleh gurunya. “ belajar robot ini menyenangkan teteh” sahut seorang anak muridnya bernama Kenzhy. Dan kelas ini hanya diadakan setiap hari Sabtu saja sekitar dua jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar